Potret Klasik Perang Dunia – Penggambaran Perang Dunia yang Menakutkan

Potret Klasik Perang Dunia – Penggambaran Perang Dunia yang Menakutkan

Perang selalu menimbulkan banyak korban dan kerugian yang sangat besar. Korban akibat dari sebuah perang tidak hanya bersumber dari para tentara yang gugur akan tetapi juga masyarakat sipil yang mendapatkan akibat dari peperangan. Selain itu, aspek ekonomi, kesehatan, dan pendidikan juga menjadi aspek yang terdampak dari adanya perang. Salah satu perang yang sangat menakutkan adalah Perang Dunia I dan II. Kedua perang tersebut menjadi sebuah cikal bakal adanya beberapa revolusi terhadap politik dan juga organisasi dunia. Akan tetapi, suasana perang yang sangat menakutkan dan pertempuran yang besar melibatkan kemajuan teknologi telah membuat Perang Dunia menjadi salah satu momok bersejarah yang tidak akan bisa dilupakan.

Perang Dunia I (PD I) merupakan perang yang terjadi antara kurun waktu 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918. Perang dunia I melibatkan negara – negara Eropa yang terpecah menjadi dua kongsi atau Blok yaitu Blok Sekutu dan Blok Sentral. Blok Sekutu terdiri dari Britania Raya, Rusia, dan Prancis. Sedangkan blok Sentral terdiri dari tiga negara yaitu Jerman, Austria – Hongaria, dan Italia. Saat terjadi beberapa ketegangan yang mengakibatkan serangan aktif, Italia memutuskan untuk tidak ikut berperang. Perang Dunia I melibatkan setidaknya 70 juta tentara militer dengan korban jiwa tentara militer sebanyak 9 juta tentara. Adanya beberapa perkembangan teknologi militer yang digunakan pada perang ini membuat jumlah korban yang timbul menjadi sangat banyak. Setelah adanya Perang Dunia I, beberapa negara membuat sebuah revolusi secara politik yang membuat tatanan negara dan kondisi negara menjadi berubah drastis.

Sedangkan Perang Dunia II atau PDII merupakan perang yang melibatkan banyak negara di dunia tidak hanya Eropa saja. Perang ini terjadi dalam kurun waktu antara tahun 1939 hingga tahun 1945 dengan kerusakan yang sangat besar. Hal ini dikarenakan persenjataan militer yang semakin canggih termasuk bom atom yang mempunyai daya hancur dalam skala besar. Negara yang terlibat dalam Perang Dunia II terbagi menjadi dua kubu yaitu Sekutu dan Poros. Banyaknya korban jiwa sebanyak 50 – 70 juta jiwa termasuk tentara dan warga sipil serta peristiwa Holocaust menjadi salah satu catatan kelam yang terjadi selama masa Perang Dunia II. Jika Perang Dunia I menjadi salah satu peristiwa paling mengerikan keenam sepanjang sejarah, maka Perang Dunia II menjadi peristiwa paling mengerikan sepanjang sejarah.

Meskipun perang dunia yang terjadi menorehkan sejumlah luka yang sangat besar, akan tetapi mengingat kembali bagaimana perang terjadi akan membuat orang memahami bahwa perang memang sesuatu yang mengerikan dan harus selalu dicegah. Berbagai macam potret klasik Perang Dunia I dan II menjadi salah satu alat atau media yang mampu bercerita bagaimana kejamnya suatu perang tanpa harus dijelaskan oleh kata – kata. Berikut ini beberapa potret klasik yang menceritakan perang dunia yang pernah terjadi sepanjang sejarah kehidupan manusia.

Potret Klasik Perang Dunia I

Potret Klasik Perang Dunia – Penggambaran Perang Dunia yang Menakutkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Perang Dunia I merupakan perang yang melibatkan negara – negara di Eropa yang kemudian terpecah menjadi dua kubu. Potret Klasik Perang Dunia I menceritakan betapa mencekamnya suasana selama perang Dunia I. Salah satu diantaranya adalah sebuah potret klasik mengenai kapal perang bersenjata yang bernama HMS Dreadnought. Kapal perang bersenjata ini menunjukkan bagaimana negara Britania Raya dan Jerman sedang beradu kebanggan mengenai negara dengan teknologi perang yang paling baik di negara Eropa.

Potret klasik lain yang menceritakan tentang adanya perang dunia I adalah mengenai foto penangkapan seorang pelajar dari Serbia Bosnia yang bernama Gavrilo Princip yang ditangkap setelah membunuh seorang Franz Ferdinand dari Kerajaan Austria. Peristiwa ini menandai adanya manuver politik yang dilakukan oleh Kerajaan Austria terhadap Serbia sehingga memunculkan ketegangan politik dan akhirnya memicu perang di antara keduanya.

Potret Sejarah Perang Dunia II

Jika Perang Dunia I berfokus pada negara – negara di Eropa, maka Perang Dunia II melibatkan banyak negara di seluruh dunia. Banyaknya korban jiwa selama perang tersebut membuat PD II menjadi salah satu peristiwa bersejarah paling mengerikan. Potret klasik Perang Dunia II dapat menggambarkan bagaimana ketegangan politik yang terjadi antar negara dan akibatnya bagi masyarakat dunia.

Salah satu potret sejarah adalah foto pemimpin negara Italia yaitu Benito Mussolini dan pemimpin negara Jerman yaitu Adolf Hitler. Keduanya merupakan pimpinan dua negara yang berperang dalam sebuah kubu poros. Italia dan Jerman merupakan negara yang mulai menginvasi negara lain selama Perang Dunia II berlangsung.

Salah satu potret klasik yang fenomenal selama Perang Dunia II adalah foto ledakan bom Atom yang ada di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Ledakan bom atom ini merupakan sebuah bom yang dijatuhkan oleh pasukan sekutu sebagai balas dendam atas serangan Jepang terhadap Pearl Harbour.