Potret Klasik Uni Soviet – Penggambaran Raksasa di Utara Benua

Potret Klasik Uni Soviet – Penggambaran Raksasa di Utara Benua

Uni Soviet merupakan salah satu negara yang menggunakan sistem federasi sosialis pada tahun 1922 – 1991. Uni Soviet terletak di benua Eropa dan Asia serta dibentuk oleh beberapa republik Soviet. Ibukota Uni Soviet adalah Moskwa. Lantas, bagaimana Uni Soviet dapat terbentuk? Proses terbentuknya negara Uni Soviet tidak bisa dibedakan dari keruntuhan yang dialami oleh Kekaisaran Rusia pada tahun 1917 akibat adanya Rovolusi Rusia. Setelah itu, Pemerintahan Sementara Rusia mampu memimpin negara tersebut dalam kurun waktu yang cukup singkat. Revolusi Oktober merupakan momen puncak dimana pemerintahan Rusia secara penuh digulingkan. Alhirnya, pada tanggal 30 Desember 1922, didirikanlah sebuah negara federasi baru yaitu Uni Soviet yang beranggotakan beberapa negara seperti RSFS Rusia, RSFS Ukraina, RSFS Transkaukasia, dan RSFS Byelorusia. Uni Soviet menganut sistem partai tunggal dalam suatu negara yaitu Partai Komunis. Sistem ini digunakan oleh Uni Soviet sejak didirkan hingga tahun 1990.

Saat dalam masa kejayaan, Uni Soviet merupakan salah satu negara raksasa yang menguasai negara Eropa dan Asia. Hal ini terjadi setelah Uni Soviet melakukan beberapa prose revolusi industri secara masif dan terencana. Selain itu, kebijakan politik Uni Soviet yang cenderung mendominasi juga menjadi penyebab banyaknya pengaruh yang diberikan oleh Uni Soviet terhadap negara lain. Hal ini mulai terjadi saat Josef Stalin menjadi pemimpin Uni Soviet kedua. Ia menerapkan kebijakan revolusi industri yang mampu menopang negara tersebut. Sehingga, pada saat Perang Dunia II dimana Uni Soviet diserang oleh Jerman, mereka mampu bertahan dan menjadi pemenang di Perang Dunia II.

Akan tetapi, seiring dengan perubahan ideologi dan siste politik di seluruh dunia, Uni Soviet yang saat itu tengah berperang dingin dengan Amerika Serikat mengalami kekalahan yang cukup signifikan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab bubarnya Uni Soviet. Sehingga, beberapa negara federasi Uni Soviet saling melepaskan diri dan berdiri sebagai negara yang merdeka. Akan tetapi, meskipun Uni Soviet tidak lagi menjadi negara dan dilanjutkan oleh negara yang terpencar, sisa kedigdayaan dari negara Raksasa di utara benua ini masih bisa terasa. Apalagi jika ada sebuah potret klasik Uni Soviet yang mampu membuat publik bertanya – tanya dan mengenang bagaimana sepak terjang negara tersebut. Berikut ini beberapa potret yang menjelaskan bagaimana negara Uni Soviet dapat menjadi salah satu negara raksasa.

Potret Klasik Uni Soviet – Cerita di Balik Megahnya Moskwa

Potret Klasik Uni Soviet – Penggambaran Raksasa di Utara Benua

Ada banyak potret klasik Uni Soviet yang menjelaskan bagaimana situasi dan kondisi yang ada di negara tersebut termasuk pada ibu kota negara yaitu Moskwa. Salah satunya adalah cerita mengenai tragedi U-2 yang melibatkan pilot dari negara Amerika Serikat. Padahal saat itu, Uni Soviet dan Amerika Serikat tengah  menjalankan perang dingin perebutan pengaruh dan ideologi politik dari seluruh negara di dunia. Insiden ini bermula saat pesawat pengintai U-2 yang dikendalikan oleh Gary Powers sedang melakukan aksi pengintaian di kawasan udara Uni Soviet. Hal ini lantas membuat tentara Uni Soviet kemudian melakukan penembakan yang menyebabkan pesawat meledak. Akan tetapi, Gary Powers berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan parasut. Walaupun, pada akhirnya ia tertangkap. Kejadian ini terjadi pada tanggal 1 Mei 1960. Setelah itu, Gary Powers dipenjara dan kemudian menjalani sidangnya di Uni Soviet. Hal inilah yang tertangkap oleh kamera dimana Gary Powers tengah menjalani proses sidang yang dilaksanakan di Gedung Serikat Buruh pada tanggal 19 Agustus 1960. Ia tengah mendengarkan hasil keputusan sidang oleh Dewan Militer Mahkamah Agung Uni Soviet.

Potret klasik Uni Soviet lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah foto dimana dua polisi Uni Soviet yang sedang mengendarai motor dan melakukan pengawasan kepada para pekerja yang sedang membangun Tembok Berlin. Tembok ini dibangun sebagai upaya Uni Soviet agar beberapa orang dengan ideologi berbeda tidak akan bisa memasuki wilayah Jerman Timur yang dikuasai oleh ideologi sosialis dari Uni Soviet. Foto ini diambil pada tanggal 13 Agustus 1961 sesaat setelah batu pertama pembangunan Tembok Berlin didirkan.

Meskipun Uni Soviet terkenal dengan ideologi sosialis yang ketat, negara ini juga tidak luput dalam mengembangkan industri hiburan yang dimilikinya. Salah satunya adalah proses rekaman program TV Soviet yaitu KVN. Acara TV ini berisi tentang beberapa remaja yang mengikuti kompetisi humor. Porses rekaman yang terekam menjadi sebuah foto adalah perekaman TV KVN yang dilakukan di Studio Pusat Perfilman tepatnya di Shabolovka.

Belajar Sejarah Uni Soviet dari Fotografi

Banyak hal yang dapat dipelajari saat melihat beberapa fotografi klasik. Hal ini juga termasuk fotografi yang melibatkan beberapa peristiwa penting dari Uni Soviet. Hal ini bisa membuka wawasan dan pikiran mengenai bagaimana negara tersebut berkembang dengan pesat sebelum akhirnya runtuh.