Potret Klasik Astronot – Bukti Perkembangan Ilmu Luar Angkasa

Potret Klasik Astronot – Bukti Perkembangan Ilmu Luar Angkasa

Apa yang kamu pikirkan pertama kali saat mendengar kata astronot? Bagi beberapa orang, kata astronot merupakan salah satu bentuk profesi yang menjadi cita – cita anak kecil. Profesi astronot dikatakan sebagai salah satu bentuk profesi yang keren dan memiliki tantangan yang sangat besar. Seiring dengan perkembangan zaman, profesi astronot merupakan salah satu profesi yang penting dalam kehidupan manusia. Hasil kerja seorang astronot mampu membuat masyarakat sadar akan kehidupan lain selain yang ada di bumi. Sehingga, pemikiran manusia menjadi lebih berkembang saat melihat hasil bukti penilitian astronot.

Astronot memiliki sebutan lain dalam terjemahan Bahasa Indonesia yaitu Antariksawan. Secara umum, seorang antariksawan adalah seseorang yang telah belajar banyak hal mengenai antariksa. Ada banyak pelajaran dan materi yang harus dikuasai oleh antariksawan seperti bagaimana menerbangkan sebuah pesawat antariksa, bersikap sebagai awak pesawat, dan juga memimpin sebuah tim eskpedisi. Namun, tahukah kamu bahwa istilah astronaut atau astronot lebih cenderung merujuk pada antariksawan dari Negeri Paman Sam atau Amerika Serikat? Lantas, bagaimanan dengan antariksawan dari negara lain. Beberapa negara memiliki istilah astronotnya masing – masing. Sebagai contoh, seorang astronot yang berasal dari negara Rusia lebih dikenal dengan nama kosmonaut. Yuri Gagarin merupakan salah satu kosmonaut pertama dari Rusia yang mampu membuka jalan bagi kosmonaut lain di negara tersebut. Sedangkan astronot yang berasal dari Cina sering disebut dengan Taikonaut. Yang Liwei merupakan Taikonaut pertama di negara tirai bambu tersebut.

Tahukah kamu bahwa ada banyak tugas dan posisi bagi para antariksawan? Salah satu posisi penting dari sebuah tim penjelajah luar angkasa adalah pilot pesawat tempur yang bekerja untuk menguji beberapa pesawat antariksa. Biasanya, para pilot tersebut merupakan pilot yang mempunyai latar belakang militer. Amerika Serikat memberikan sebutan khusus pada pilot tersebut yaitu Astronaut Badge. Dalam sebuah misi ekspedisi antariksa, saat ini setidaknya ada 32 negara yang terus berupaya membuka misteri luar angkasa. Hasil penelitian dan ekspedisi tersebut lantas dipublikasikan kepada masyarakat luas menjadi sebuah potret klasik astronot. Beberapa potret tersebut berisi tentang para antariksawan yang berhasil menjelajah luar angkasa dengan baik. Berikut ini beberapa potret dari para astronot yang telah dipublikasikan dengan bebas.

Potret Klasik Astronot – Ekspedisi Membuka Rahasia Luar Angkasa

Potret Klasik Astronot – Bukti Perkembangan Ilmu Luar Angkasa

Ada beberapa potret klasik astronot yang telah berhasil direkam dan dipublikasikan. Salah satu potret paling bersejarah adalah potret dari seorang Neil Amstrong yang merupakan astronot pertama yang menginjakkan kaki di bulan melalui sebuah ekspedisi yang disebut dengan Apollo 11. Hal ini ia lakukan pada tanggal 21 Juli 1969. Saat itu, ia dan anggota tim Apollo 11 yaitu Michael Collin dan Edwin Aldrin menjalankan sebuah ekspedisi untuk datang dan menganalisis bumi. Neil Amstrong adalah orang pertama dalam tim yang membuat langkah kaki pertama di bulan. Potret ini kemudian diabadikan sebagai salah satu bentuk kesuksesan NASA atau lembaga antariksa di Amerika Serikat sebagai bagian dari proyek yang dijalankan oleh Amerik Serikat. Langkah pertama Neil Amstrong lantas diikuti oleh Edwin Aldrin yang menjadi astronot kedua yang berhasil berjalan di permukaan bulan. Foto Edwin Aldrin juga menjadi salah satu potret yang diabadikan hingga kini.

Potret klasik astronot tidak hanya memberikan cerita bagaimana kesuksesan seorang astronot yang dapat terbang ke laur angkasa. Akan tetapi juga memberikan cerita di balik layar bagaimana penelitian panjang dan upaya keras yang harus dilakukan agar bisa menjalankan sebuah ekspedisi yang aman dan berhasil. Salah satu diantaranya adalah potret Neil Amstrong saat mencoba pakaian astronot pertama kali bersama dengan proyek Gemini yang menjadi pionir proyek antariksa sebelum misi Apollo. Selain itu, ada potret lain yang menjadi salah satu poin penting dari perkembangan antariksa di NASA yaitu foto pesawat luar angkasa Gemini 8 yang mengalami kerusakan dan gagal terbang sehingga jatuh ke laut. Hal inilah yang menjadi salah satu pelecut dimana banyak orang mulai mengembangkan ilmu antariksa dengan lebih pesat.

Jenjang Karir Seorang Astronot

Menjadi seorang astronot bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang astronot yaitu bagaimana melakukan observasi, analisis, berpikir kritis, proble solving, bertahan di tengah krisi, dan bekerja sama. Seorang astronot juga wajib untuk memiliki pengetahuan tentang antariksa dengan baik. Seorang calon astronot juga wajib dapat mengendarai pesawat terbang dengan baik. Seorang astronot mempunyai jenjang karir yang beragam mulai dari tingkat GS-12 hingga GS-15. Tingkat GS-15 merupakan level tertinggi dari seorang astronot dan memiliki pendapatan yang sangat besar. Oleh karena itu, menjadi seorang astronot memiliki banyak hal yang harus dipersiapkan.